Jumat, 20 April 2012


MEMBERSIHKAN INJECTOR TIMOR

Siapkan alat/tools, kabel sambungan DC, adaptor DC12V 1000mAh ataw aki motor 12v atau pake aki mobil Timor anda juga  bisa tapi injector cepet panas.

-Lepaskan Injektor di mesin mobil Timor anda berikut rail segelundung jangan lupa perhatikan selang selang dan kabel kabel yg menempel.lebih baik sekalian copot throtle body dan isc buat dibersihkan.
Isc ada di bawah throttle body mobil Timor anda

gbr 1   saluran intake mobil Timor Dohc setelah dibuka throttle body nya

-Pisahkan masing masing part dari injection system mobil Timor anda yg berdiri sendiri untuk dibersihkan
misal pisahkan injector dari rail pisahkan isc dari throttle body .

bgr 2    Part injection system mobil Timor Dohc setelah dibongkar

- lepaskan satu persatu socket kabel injector dan injectornya, susun seperti aslinya, jgn sampe terbalik arahnya dan susunannya,buat memudahkan memasang lagi.

gbr 3  Injector mobil Timor Dohc

gbr 4-Contoh injector mobil Timor yang kotor :



-Berikutnya sambungkan kabel plus dan minus ,( JANGAN TERBALIK, BAHAYA!!)

Copot kepala yg di carbu clean spray lalu sambungkan langsung ke kepala injector mobil Timor, sambil ditekan sampai keluar dari injectornya seperti berkabut (kl sudah berkabut tandanya sudah bersih)

Setelah dilakukan Injector Cleaning, injector menjadi bersih


Rakit kembali ke injector ke dalam pipanya, kabel dll, lalu pasang kembali ke mesin dengan urutan kerja terbalik dengan pembongkaran,. setelah semua terpasang, lakukan kontak sebanyak +- 5 kali jangan di starter (hal ini agar fuelpump mengisi bensin ke injector, baru lakukan starter. Ingat jangan di gas sebelom suhu mesin Mobil Timormencapai suhu ideal mesin.
NB: Pasang seal injector terlebih dahulu di lobang mesin, jangan dipasang di injector, karena dapat mengakibatkan seal terjepit dan robek.


tambahin dikit  :
  • Sebelum di semprot pake carb cleaner, baiknya di rendem dulu pake DCS cleaner , biar kerak yg membandel di moncong / nosel dan dalem injector gampang di bersihkan .
  • Hati2 untuk pemasangan seal injector, seal ini rada jarang yg jual , kl seal sudah robek / terbakar / getas jangan dipaksa untuk dipake lg , rawan bocor /kebakaran. pemasangan seal baiknya menggunakan sealer merah/tahan panas. untuk meminimalkan kebocoran di seal injector.
  • Jangan lupa dibersihin juga rail penghubung antara injector, semprot dulu pake DCS dan bilas pake carb cleaner.
  • Baiknya pembersihan injector di barengin sama filter bensin di mesin, tanki .. bagus lg kl sampe kuras tanki . biar hasilnya bener2 maksimal.
  • Selamat mencoba mudah mudahan mobil Timor anda menjadi nyaman kembali

2 komentar: