Senin, 23 April 2012

thermostat dan masalahnya pada mobil Mazda,Ford dan Timor dan Mobil lainnya

Thermostat   pada mobil Mazda ,Ford dan Timor dan juga mobil lainnya adalah sebuah katup pengatur yg terdapat pada saluran air yang menuju ke water pump pada mesin mobil.


Contoh diagram thermostat pada Mazda,Ford dan Timor dan Mobil lainnya



Kegunaan utama dari Thermostat ini adalah untuk menjaga agar supaya mesin dapat mencapai suhu kerja mesin(kisaran suhu kerja mesin pada mobil Mazda,Ford dan Timor dan Mobil lainnya adalah sekitar 80-90 celcius) dalam waktu singkat,terutama untuk mesin mobil Mazda,Ford dan Timor  yang beroperasi di daerah dingin ataupun di pagi hari.hal ini menjadi penting dikarenakan pada mesin mobil modern,suhu adalah salah satu faktor penentu dalam proses kerja mesin ,pada mesin berteknologi injeksi sensor suhu menentukan dalam proses ECU untuk memberikan perintah pada injektor untuk menentukan volume dari bahan bakar yang disemprotkan misalnya pada saat pagi hari, mesin otomatis RPMnya lebih tinggi sampai dengan mesin mencapai suhu kerja idealnya.

Thermostat pada mobil Mazda,Ford dan Timor terbuat dari logam yang sensitive terhadap perubahan suhu ,logam ini dapat berubah volume apabila terjadi perubahan suhu .Hal inilah yang dimanfaatkan untuk membuka dan menutup saluran air menuju ke water pump akibatnya air di dalam mesin menjadi tidak dapat berotasi menuju ke radiator sehingga membuat suhu meningkat.

Apabila panas mendekati suhu ideal  Thermostat perlahan lahan akan membuka sehingga air dapat mengalir ke radiator untuk menjalani proses pendinginan dan bersirkulasi

Celakanya apabila si Thermostat ini rusak atau tidak berfungsi wajar dapat mengakibatkan suhu mesin menjadi panas bahkan dapat mengakibatkan mesin over heating ,maka dari pda itu kenali ciri2 dari thermostat rusak ini :

-Gejala awal dapat diteksi dari kenaikan suhu mesin tanpa adanya kerusakan /kebocoran pada radiator dan    kipas pendingin berfungsi normal.

-Kipas electric cenderung lebih lama bekerja sebelum mesin mencapai suhu idealnya

Ada baiknya apabila mesin kendaraan anda terdeteksi mengalami gangguan pada sistem pendinginannya Thermostat ini dapat diperiksa.

NB.  Jangan biarkan penyakit panas ini berlangsung lama pada kendaraan anda,karena dapat menyebabkan kerusakan fatal,DEXEL/CYLINDER HEAD pada mobil Mazda,Ford dan Timor anda dapat melengkung ,packing CYLINDER HEAD bocor,Oli bercampur air yang ujung ujungnya akan menguras kantong anda untuk memperbaikinya,karena harus Overhaul Mesin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar